11 Januari 2011

MANAJEMEN UMUM ke 2


Tugas ke 2
Manajemen/Pengantar manajemen

Soal Essay
1.      Sebutkan alasan utama diperlukannya manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan ?
2.      Sebutkan definisi manajemen menurut James A.F. Stoner dan Mary Farker Follet ?
3.      Sebutkan tingkatan manajemen dan beri contoh  ?
4.      Jelaskan fungsi-fungsi manajemen ?
5.      Sebutkan peran-peran manajer dalam manajemen sebagai “ Pengambil keputusan “ ?
6.      Berdasarkan sejarah perkembangan teori manajemen, sebutkan aliran pemikiran atau mahzab manajemen ?
7.      Sebutkan unsur-unsur lingkungan external makro yang dapat mempengaruhi secara langsung terhadap organisasi atau perusahaan ?
8.      Sebutkan fungsi dari tujuan organisasi ?
9.      Sebutkan factor yang mempengaruhi keputusan pada masalah kode etik ?
10.  Jelaskan cara lingkungan ekternal makro mempengaruhii suatu organisasi ?

                                               






JAWABAN
1.  -Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
     -Untuk  mencapai tujuan suatu organisasi.

     -Agar tercapai efisiensi dan efektivitas.

2. James A.F Stoner, Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
3. Tingkatan Manajemen dan contoh :
Manajemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman).
Manajemen tingkat menengah (middle management) mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
4. fungsi manajemen :
Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
5. peran manajer dalam pengambilan keputusan :
- Peran Pengambil Keputusan : Peran dalam membuat keputusan baik yang ditentukan sendiri maupun yang dihasilkan bersama pihak lain, meliputi ;
- Entrepreneur / Kewirausahaan : Membuat ide dan kreasi yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kinerja unit kerja.
- Disturbance Handler / Penyelesai Permasalahan : Mencari jalan keluar dan solusi terbaik dari setiap persoalan yang timbul.
- Resource Allicator / Pengalokasi Sumber Daya : Menentukan siapa yang menerima sumber daya serta besar sumber dayanya.
- Negotiator / Negosiator : Melakukan negosiasi dengan pihak dalam dan luar untuk kepentingan unit kerja atau perusahaan.
6. mahzab manajemen :
- mahzab manajemen berdaarkan kebiaaan
-mahzab manajemen ilmiah
- mahzab perilaku
- mahzab social
- mahzab manajemen system
- mahzab manajemen berdaarkan keputusan
- mahzab pengukuran kuantitatif
           - mahzab proses manajemen    
           - mahzab manajemen menurut keadaan
7. Unsur External makro pada perusahaan :

    » Pelanggan / Konsumen
    »Pemasok / Suplier / Suplayer
    »Pemerintah
    »Serikat Pekerja
    »Pesaing / Rival
    »Lembaga Keuangan
    »Lembaga Konsumen
    »Kelompok Khusus
    »Pihak yang Berkepentingan Lain
8.  Fungsi tujuan organisasi
- pedoman bagi kegiatan, melalui penggambaran hasil akhir diwaktu yang akan datang.  
 - sumber legitimasi, melalui pembenaran kegiatan-kegiatannya.
- standar pelaksanaan, memberikan standar langsung bagi penilaian pelaksanaan kegiatan (prestasi organisasi).
- sumber motivasi, karena sering memberikan insentif bagi para anggota.
- dasar rasional pengorganisasian, karena antara tujuan dan struktur organisasi saling berinteraksi   dalam kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan.
9. Faktor yang mempengaruhi keputusan pada masalah etika :
    ▪ Hukum
    ▪ Peraturan-peraturan pemerintah
    ▪ Kode etik industri dan perusahaan
    ▪ Tekanan-tekanan sosial
    ▪ Tegangan antara standar peroranan dan kebutuhan organisasi.
10.     • Dari kekekuatan-kekuatan di luar tersebut mempengaruhi suatu organisasi secara langsung atau secara tidak langsung.
          •Unsur lingkungan makro menciptak satu iklim misalnya teknologi tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar