30 Oktober 2012

PEMROSESAN DATA TRANSAKSI


PEMROSESAN TRANSAKSI
Setiap organisasi menggantungkan diri pada sistem informasi untuk mempertahankan kemampuan berkompetisi.
Sistem adalah kumpulan sumberdaya yang berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Informasi adalah data yang berguna yang dioleh sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat.
Akuntasi, sebagai suatu sistem informasi, mengidentifikasi, mengumpulkan, dan mengkomunikasikan informasi ekonomik mengenai suatu badan usaha kepada beragam orang.
Jadi, Sistem Informasi Akuntansi adalah kumpulan sumberdaya, seperti manusia dan peralatan yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi . Informasi inilah dikomunikasikan kepada beragam pengambil keputusan.
Komponen-komponen dasar dari sistem pemrosesan transaksi
  1. Processing mencakup penggunaan jurnal dan register untuk menyajikan catatan input secara permanen dan kronologis.
  2. Journals digunakan untuk mencatat transaksi akuntansi keuangan.
  3. Registers digunakan untuk mencatat tipe data lain yang tidak berhubungan langsung dengan akuntansi.
  4. Special journals digunakan untuk mencatat transaksi yang sejenis dan terus-menerus. Contoh : Sales journal, Purchase journal, Cash receipts journal, Cash disbursements journal
  5. Buku besar dan file menyediakan Simpanan data baik dalam sistem manual maupun terkomputerisasi.
  6. Buku besar menyediakan ringkasan suatu transaksi keuangan perusahaan.
  7. File kumpulan data yang terorganisir :
    – transaction file
    – master file
    – reference or table file

  1. Output, adalah dokumen yang dihasilkan oleh sistem. Contoh output :
    – trial balance
    – financial reports
    – operational reports
    – paychecks
Ada empat tugas pokok dari sistem pengolahan transaksi, yaitu:

1. Pengumpulan Data : setiap organisasi yang ber-interaksi langsung dengan lingkungannya dalam penyediaan jasa dan produk, pasti memerlukan sistem yang mengumpulkan data transaksi yang bersumber dari lingkungan.
2. Manipulasi Data : data transaksi yang dikumpulkan biasanya diolah lebih dahulu sebelum disajikan sebagai informasi untuk keperluan bagian-bagian dalam organisasi atau menjadi bahan masukan sistem informasi yang lebih tinggi. Beberapa tugas manipulasi data adalah sebagai berikut:
3. Penyimpanan data : data transaksi harus di-simpan dan dipelihara sehingga selalu siap memenuhi kebutuhan para pengguna.
4. Penyiapan dokumen : beberapa dokumen laporan harus disiapkan untuk memenuhi keperluan unit-unit kerja dalam organisasi
Teknik sistem
  • Flowchart adalah suatu diagram simbolik yang menunjukkan arus data dan urutan operasi dalam suatu sistem.
  • Flowcharts barangkali merupakan teknikteknik sistem yang paling umum.





Siklus-Siklus Pemrosesan Transaksi

Sistem Informasi Akuntansi meliputi beragam aktivitas yang berkaitan dengan siklus-siklus pemrosesan transaksi perusahaan, yaitu :
  1. Siklus pendapatan. Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pendistribusian barang dan jasa ke entitas-entitas lain dan pengumpulan pembayaran-pembayaran yang berkaitan.
  2. Siklus pengeluaran. Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan perolehan barang dan jasa dari entitas-entitas lain dan pelunasan kewajiban-kewajiban yang berkaitan.
  3. Siklus produksi . Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pengubahan sumberdaya menjadi barang dan jasa.
  4. Siklus keuangan . Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan peroleh dan manajemen dana-dana modal, termasuk kas.

Sasaran dan Fungsi Siklus

Siklus buku besar umum dan pelaporan keuangan, menyediakan informasi untuk serangkaian laporan keuangan mengenai suatu lingkungan akunting.
Semua sistem buku besar umum harus melaksanakan :
1. Mengumpulkan data transaksi
2. Memproses arus masuk transaksi
3. Menyimpan data transaksi
4. Melakukan pengendalian akunting
5. Menyediakan laporan keuangan
6. Mengklasifikasikan dan mengkodekan data dan perkiraan transaksi

      Record Akuntansi (Pencatatan Akuntansi)
Record akuntansi yang digunakan yaitu sistem pencatatan secara manual dan sistem pencatatan berbasis komputer.
Sistem Pencatatan Secara Manual
·   1. Dokumen, sebagai  bukti  transaksi memiliki 3 jenis yaitu : dokumen sumber, dokumen produk  dan dokumen  turnaround ( menjadi sumber bagi system lainnya, Misalnya : dokumen pembayaran barang / jasa  yang diterima kas, menjadi sumber penerimaan kas beserta cek).
Pesanan Pelanggan --- Pengumpulan Data --- Dokumen  Sumber (pesanan penjualan) --- Sistem Penjualan --- Tagihan (Dokumen Produk) Pelanggan --- Cek (Dokumen Turnaround) --- Surat Penerimaan Uang.
·   2. Jurnal, Menyimpan catatan  transaksi yang diproses oleh organisasi secara lengkap  (menunjukkan  efek  kronologis dari  transaksi  ), terdapat 2 jenis jurnal yaitu : jurnal khusus   ( untuk  mencatat  kelas  transaksi spesifik  yang muncul dalam  volume tinggi, misalnya untuk pembayaran gaji atau ( registrasi gaji) , catatan harian penerimaan bahan baku atau barang  ( Registrasi penerimaan) dan lain-lain.
·   3. Buku Besar (Ledger), adalah sebuah buku akun-akun keuangan yang mencerminkan efek-efek keuangan yang menunjukkan kenaikan,  penurunan, dan saldo  lancar dari setiap akun setelah di poskan ke berbagai jurnal.

Sistem Akuntansi Berdasarkan Komputer
Sistem akuntansi berdasarkan computer dibagi menjadi dua kelompok besar, dimana terdapat perbedaan karakterristik antara pemerosesan Data Batch dan Real Time.


Sumber:
pilencegirl.files.wordpress.com/makalah-pemerosesan-data-transaksi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar