25 Oktober 2011

Tugas

PARIWISATA DI KOTA PACITAN, JAWA TIMUR

Di kota Pacitan, walaupun kotanya kecil, kota Pacitan juga mempunyai banyak tempat pariwisata.Contoh tempat pariwisata di kota Pacitan: Pantai Teleng Ria. Pantai tersebut berada di sebelah selatan kota pacitan, yaitu berada di desa Sidaharjo dan dusun Teleng. Pantai Teleng Ria juga disenangi oleh para wisatawan. Pantai Teleng Ria menghadap ke Pantai Selatan dengan hamparan Pasir Putih dengan panjang 3 Km. Jarak dari Ibukota Kabupaten Pacitan ke lokasi wisata hanya 3,5 Km, dan dapat dengan mudah dicapai dengan berbagai jenis kendaraan. Fasilitas yang ada di tempat wisata tersebut antara lain gardu pandang, kolam renang, arena bermain anak, penginapan serba guna bongo budoyo dan areal perkemahan, arena pemancingan, dan juga terdapt tempat pendaratan ikan.
Contoh yang kedua: Pemandian Air Hangat. Pemandian tersebut berada di sebelah utara kota Pacitan dan berada di kec. Arjosari, desa Karang Rejo.
Selain pantai, di kota pacitan terdapat goa yang sangat unik. Goa tersebut bernama Goa Gong. Goa Gong terletak di dusun Pule, desa Bomo, kecamatan Punung, jarak dari pusat kota Pacitan sekitar 30 kilometer. Untuk turun ke dalam perut bumi ini Anda harus melewati tangga sempit dan licin karena tetesan air yang jatuh dari atas goa. Jangan khawatir, sudah ada lampu penerang dan blower besar untuk menyejukkan goa. Jika Anda merasa masih gelap dan butuh lampu senter, di pintu masuk juga ada jasa sewa lampu senter. Mereka juga bisa merangkap sebagai tour guide.
Goa Gong dengan stalagtit dan stalagmit yang konon terindah se-Asia Tenggara mempunyai kedalaman kurang lebih 256 m, selain itu mempunyai 5 sendang yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, sendang Kamulyan, dan sendang Ralung Nisto yang kono memiliki nilai magis untuk menyembuhkan penyakit. Keindahan Stalagnit dan stalagmitnya sangat memukau diabadikan dengan nama Selo Cengger Bumi, Selo Gerbang Giri, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono, Selo Bantaran Angin dan Selo Susuh Angin. Goa ini terletak 30 Km arah barat Kota Pacitan tepatnya Desa Bomo Kecamatan Punung dan dapat dengan mudah dijangkau dengan segala jenis kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar